Bikin Gimbap ala Korea

Adik saya itu penggemar berat Korea. Pokonya dikit-dikit pasti Korea. Dan dia udah lumayan banyak tau istilah sehari-hari dalam bahasa Korea, sampe berbagai nama masakan. Jadi, minggu lalu dia ngasih ide, gimana kalo kami bikin gimbap. 

“Gimbap? Apa itu?” Tanya saya ke adik. Trus dia tunjukin gambar. “Oh, ini mah kek sushi-nya Jepang,” pikir saya kemudian. Mungkin di Jepang namanya sushi, dan di Korea namanya gimbap. Begitulah kesimpulan sederhana kami. 😁😁 Saya pun setuju membikinnya; supaya menambah perbendaharaan tentang masakan. 😁😁

Jadi, yang mula-mula kami lakukan tentu adalah: beli rumput laut atau nori. Kami beli di tokopedia. Untungnya ada yang jual sepaket gitu; yaitu nori dan bamboo mat penggulungnya. Lebih praktis beli sekaligus, kan, daripada beli terpisah? 😊

Nah, setelah norinya datang dua hari yang lalu, jadilah hari ini kami bikin gimbap. Yaitu, Korean seaweed rice rolls, alias nasi gulung rumput laut ala Korea. 

Bikinnya lumayan gampang ternyata. Pertama kami siapin bahan isian. Kami memakai bahan yang ada di rumah: sosis ayam, timun, wortel, dan telur. Telurnya didadar, dan bahan lainnya direbus. Sembari nyiapin bahan isian, nasi pun kami masak supaya waktu matengnya pas dengan bahan isian.

Disarankan, nasi untuk gimbap ini adalah yang baru mateng. Supaya fresh dan tentunya masih panas. 😊😊

Setelah mateng semua, tibalah saatnya untuk mengeksekusi. 😁😁 Bambu mat penggulung diletakin paling bawah, trus letakin rumput laut (sisi yang kasar menghadap ke atas), trus isi dengan nasi panas, dan dirata-ratain… trus taruh bahan isian… trus… tibalah waktunya menggulung… 😁😁 

Kami deg-degan lho pas mau menggulung. Maklum, this is our first attempt, and our first homemade gimbap ever. Hahaa… 😁😁

Sukurlah gulungan pertama berhasil dan kami memotongnya menjadi tujuh bagian. Seneng banget melihat warna-warni dalam ikatan nasi putih dan rumput laut hijau tua.😊😊

Kami menikmatinya dengan saos sambel dan sambel pecel, karena itu yang ada di rumah. 😁 Next time we’ll try using saos mayones. Karena keknya kalo ada rasa asam manisnya akan makin maknyus. Tapi, dengan saos sambel saja pun udah oke punya koq. 😁😁 

Yang paling penting, gimbap pertama kami sukses bisa dimakan. Hahaa… 😁😁 Kayaknya kami akan memasaknya lagi untuk panganan malam tahun baru nanti (27 hari lagi sodara-sodara 😁), dan dengan isian berbeda tentunya. We’ll see. 😁😁

Btw, kalian ada yang pernah bikin gimbap juga? 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s