The Beauty of Learning

“Semakin kita pelajari satu hal, semakin kita menemukan hal-hal lain yang ternyata belum kita ketahui.” Itu kata suami saya dan saya mengamininya. Dan sekarang, kita pun bisa belajar dari mana saja; bukan cuma di ruang kelas.

Seperti kata penulis Amsal, “Hikmat berseru nyaring di jalan-jalan, di lapangan-lapangan ia memperdengarkan suaranya, di atas tembok-tembok ia berseru-seru, di depan pintu-pintu gerbang kota ia mengucapkan kata-katanya.”

Tentu hikmat yang dimaksud di sini adalah hal-hal baik dan berguna yang kita perlukan untuk bekal dalam hidup. Dan di zaman kita ini, yang dimaksud dengan ‘di jalan-jalan’ tentunya bukan cuma jalanan pada umumnya ya, tapi misalnya dari medsos, dari youtube, podcast, webinar, obrolan dengan teman, dan lain sebagainya.

Seperti baru-baru ini misalnya, secara tak sengaja saya menemukan wawancara Daniel Mananta dengan Sophie Navita dan suaminya Pongky Barata. Mereka bercerita tentang perjalanan hidup dan segala sesuatu di antaranya yang, bisa dibilang, sangat inspiring. Kemudian di kesempatan lain saya belajar tentang berpikir komputasional dari webinar. Trus dengerin podcast tentang homeschool. Trus belajar cara bikin kue klepon dari ubi. Trus belajar dari buku gratisan tentang komunikasi. Selain itu belajar tentang bagaimana agar bisa produktif sehari-hari. Lalu disambung dengan belajar tentang ‘dewasa itu seperti apa sih?’. Dan masih banyak lagi lainnya.

Wah pokonya lengkap bangetlah di luar sana so many great ideas dan konten-konten keren yang bisa kita pelajari kalau kita bener-bener niat mau belajar, dan agar hidup semakin membaik. Banyak pula yang gratis! Haha.. 😁😁

Saya sendiri berminat pada tumbuh kembang anak, pendidikan, kesehatan mental, parenting, and everything in between. Belajar itu menyenangkan bangetlah pokonya. Beruntung banget kita hidup di zaman sekarang ini, dimana informasi bisa diakses secara cepat.

Yang perlu diingat adalah, hal-hal yang kita pelajari mestilah yang bertujuan luhur. Dan sebaiknya, sebelum kita mempelajari sesuatu, kita cek dulu apakah hal-hal tersebut memiliki ‘THINK’:

T : is it true? Apakah benar?

H : is it helpful? Apakah bermanfaat?

I : is it inspiring? Apakah menginspirasi?

N : is it necessary? Apakah perlu?

K : is it kind? Apakah baik?

Hal-hal menarik yang saya temukan ketika mempelajari satu hal (misalnya tentang berpikir komputasional), ternyata tanpa disadari kita udah sering mempraktekkannya. Jadi kayak, “Hei, saya udah sering tuh bikin kek gitu.” Nah jadinya nyambung dan semakin takjub, kan?

Dan banyak juga yang bener-bener belajar hal baru. Kayak belajar cara komunikasinya Pongky Barata dengan anak-anaknya yang menerapkan keterbukaan. Itu inspiring banget dan bisa banget dipraktekin dalam keluarga supaya anak makin kenal sama ortu, misalnya.

Atau bisa jadi pas kita lagi dengerin podcast atau lagi baca buku, tiba-tiba si hostnya atau isi bukunya bilang sesuatu yang bisa jadi adalah jawaban dari hal-hal yang kita cari atau kita pertanyakan selama ini. Bisa banget! Saya udah sering mengalami itu. 😁😁

Seru bangetlah pokonya soal belajar ini. Karenanya, mari sama-sama kita manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mempelajari hal-hal yang memiliki ‘THINK’ seperti yang saya sebutkan di atas tadi. 😊😊

(Tambahan: Btw, saya baru aja bebersih postingan-postingan lama dan beberapa postingan baru yang rasa-rasanya tidak relevan untuk tayang di blog ini. 😁😁 Jadi untuk temen-temen yang udah kasi bintang dan udah ninggalin komen di blog ini dan kehapus komennya, saya mohon maaf ya. 🙏🙏 But i really appreciate you all yang sampai sekarang masih tetep baca blog yang udah berumur kira-kira 11 tahun ini. 😊 Karena itu, mohon doanya supaya postingan-postingan di sini bisa lebih baik lagi ke depannya ya. Terima kasih banyak!! 😊😊)

4 thoughts on “The Beauty of Learning

  1. itu pertama kalinya aku denger acaranya Daniel Mananta itu kak. Tiba2 muncul aja gitu yg ada Sophie di yutub, trus aku penasaran dan kudengerin. Eh ternyata bagus banget. Trus aku denger lagi yg episode Pongky, eh koq bagus banget juga! Inspiring bangetlah cerita kehidupan mereka. 😊😊

    Liked by 1 person

  2. Waw, aku juga nonton podcast mereka. Dua2nya sengaja aku download dan bolak balik putar ketika nyetrika.
    Salah 2 dari podcastnya Daniel Mananta yang aku suka pake banget 😊

    Like

Comments are closed.