Empat Puluh Hari Bersyukur

Sambil mencuci mobil di pekarangan, pagi itu saya sedang mendengar podcast tentang bersyukur. Emang bener ya, ketika kita baca buku atau dengerin orang bercerita tentang kehidupan mereka, pengetahuan dan pengalaman kita ikutan nambah, dan sudut pandang kita pun makin kaya. Jadi, podcasternya bercerita tentang bagaimana keluarganya dapat bertahan hari demi hari dengan uang yang sedikit … Continue reading Empat Puluh Hari Bersyukur

Advertisement

Momen Pengisi Kehidupan

Karena hidup diisi berbagai momen, bukan cuma momen megah atau monumental seperti: getting married, having first child, get a new house, get a new job, or utang cicilan selesai. Namun hidup juga terdiri dari momen-momen yang mungkin kelihatannya kecil, sederhana, biasa, sehari-hari. Dan justru momen-momen ini yang sebetulnya menyusun kehidupan kita dan bermakna dalam, dan … Continue reading Momen Pengisi Kehidupan

Ayub, Paradoks, dan Kehendak Bebas

Beberapa waktu yang lalu mestinya saya mengikuti satu webinar tentang Ayub. Tapi, karena kesibukan, dan kayaknya juga karena keangkuhan, sehingga saya pikir saya udah merasa tahu tentang kemana arah pembahasan.. “Oh, kalau tentang Ayub tentunya pembahasan di seputar penderitaan dan semua penderitaan pada akhirnya adalah untuk kemuliaan Allah dan kebaikan manusia..” Maka demi alasan tersebut, … Continue reading Ayub, Paradoks, dan Kehendak Bebas

Perubahan Pasca Pandemi

Pandemi dua tahun ini bener-bener a blessing in disguise for me. Begitu banyak hal-hal baik dan luar biasa terjadi pada kami di masa ini, dan banyak juga ujian yang datang. Tapi ya gak apa-apa. Susah dan senang memang selalu datang silih berganti. Semuanya untuk membentuk kami menjadi pribadi-pribadi yang semakin baik. Dan berkat pandemi, saya jadi makin … Continue reading Perubahan Pasca Pandemi

Perseverance

Pagi tadi aku berencana memasak untuk makan siang kami. Masak tahu dan telur gulai dengan sedikit santan. Tapi, di pagi jelang siang, aku makin merasa males. Badanku masih kurang enakan gara-gara padatnya aktifitas belakangan ini.  Sempat kepikiran mau pesen gofood aja. Tapi, setelah mempertimbangkan penghematan anggaran belanja, aku pun urung memesannya dan memutuskan, “Ya udahlah … Continue reading Perseverance

Macam-Macam Jurnal

Di masa-masa awal saya memulai kembali journaling (seperti yang saya tuliskan di postingan sebelumnya), saya hanya bikin daily journal dan gratitude journal. Tapi karena hidup juga berkembang dan kebutuhan pun berubah, jadinya saya bikin beberapa macam jurnal. Karena udah merasakan manfaat baik dari journaling ini, sekarang jadinya apa-apa emang enaknya mesti dicatat supaya mudah menelusuri/melacak/melihat … Continue reading Macam-Macam Jurnal

Tentang Menulis dan Journaling

Sewaktu SMP, saya mulai berkenalan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pak Guru kami bener-bener piawai mengajar pelajaran ini, sehingga, begitu mengetahui ternyata ada pelajaran yang mempelajari tentang majas, paragraf, jenis kalimat, dlsb, saya bener-bener TERPUKAU karena rasanya kayak ketemu jodoh yang ‘i want to do this thing for the rest of my life’. 😁😁 Jadi … Continue reading Tentang Menulis dan Journaling

Homeschool: A Brief Note

Seperti yang pernah saya singgung sedikit di postingan Different, sekarang saya makin tertarik dengan yang namanya homeschool. Istilah homeschool ini sendiri saya ketahui di sekitar tahun 2018, sewaktu masih tinggal di Balikpapan. Seorang teman saat itu bercerita bahwa ia sedang belajar untuk dapat menerapkan homeschool bagi anak-anaknya di rumah. Beliau bilang bahwa homeshcool pada dasarnya adalah … Continue reading Homeschool: A Brief Note

Tentang Kebohongan

Saya kira, bohong atau dusta adalah kejahatan paling tua di muka bumi. Kita bisa melihatnya di kitab Kejadian, bagaimana iblis mengelabui Hawa kemudian Adam, untuk percaya kepada kebohongan bahwa mereka tidak akan mati jika memakan buah terlarang. Kebetulan saya baru membaca artikel tentang kebiasaan orang dewasa dan kekanakan. Disebutkan bahwa kebiasaan berbohong ini adalah salah … Continue reading Tentang Kebohongan

The Beauty of Learning

“Semakin kita pelajari satu hal, semakin kita menemukan hal-hal lain yang ternyata belum kita ketahui.” Itu kata suami saya dan saya mengamininya. Dan sekarang, kita pun bisa belajar dari mana saja; bukan cuma di ruang kelas. Seperti kata penulis Amsal, “Hikmat berseru nyaring di jalan-jalan, di lapangan-lapangan ia memperdengarkan suaranya, di atas tembok-tembok ia berseru-seru, … Continue reading The Beauty of Learning

Nukilan Buku Different: Perjalanan Ibu & Anak Hidup dengan Mental Disorder

Baru-baru ini, secara enggak sengaja saya menemukan buku berjudul 'Different', yang bercerita tentang perjalanan seorang pria bernama Nathan yang didiagnosa severe OCD (obsessive compulsive disorder), ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), dan ODD (oppositional defiant disorder). Dalam buku yang ditulis bersama ibunya yang bernama Sally Clarkson, ia menceritakan perjuangan mereka yang butuh bertahun-tahun untuk didapat diagnosanya; … Continue reading Nukilan Buku Different: Perjalanan Ibu & Anak Hidup dengan Mental Disorder

Harta Karun Kebebasan

What is freedom to you? Apakah kebebasan itu artinya bisa makan sepuasnya tanpa rem? Bisa ngomong apa pun tanpa sensor? Bisa melihat tontonan apa pun sesuka hati? Sebagai makhluk yang punya pikiran dan bisa memutuskan, saya pikir saya dapat bebas menggunakannya sesuka saya, dan saya bebas memikirkan apa yang ingin saya pikirkan. Bebas mengeluarkan pendapat. … Continue reading Harta Karun Kebebasan