Boundaries

Pernahkah kalian melihat anak sekolah yang jengkel karena temannya meminjam tugas dari dia tapi si teman ini tak pernah mengerjakan sendiri PR-nya? Jadi si anak yang meminjam tugas ini cuman copy paste pekerjaan orang lain. Dan, si anak yang jengkel tersebut tetap membiarkan dan tetap meminjamkan karena alasannya: kalo gak dikasi ntar temennya kasian; solidaritas. … Continue reading Boundaries

Love Heals Every Wound

Baru-baru ini saya mengikuti webinar soal trauma dan luka batin yang diadakan oleh salah satu lembaga konseling. Saya tidak punya ekspektasi apa pun soal webinar ini. Saya bahkan sempat skeptis untuk mengikutinya karena saya pikir saya udah cukup banyak belajar soal trauma dan luka batin, jadi, hal baru apa lagi yang akan saya dapat dari … Continue reading Love Heals Every Wound

Perjalanan Mengenal Diri Sendiri

untuk pembaca lama yang setia membaca blog ini mungkin udah sedikit tahu tentang perjalanan pertobatan saya dari tulisan-tulisan lama di blog ini. tapi mungkin, untuk para pembaca yang baru mengikuti blog saya, mungkin ada baiknya saya tuliskan kembali secara singkat bagaimana perjalanan saya dari pertobatan hingga mengenal diri sendiri. 1. mencari kebahagiaan ada banyak peristiwa … Continue reading Perjalanan Mengenal Diri Sendiri

Kita Mengingat Perbuatan Baik

Ponakan saya baru saja menginap di rumah. Her short visit already making me missing her. She left tiny footsteps here and there in my heart. Dan itu juga membuat saya mengingat beberapa memori sewaktu seumuran dia. Good memories of course. 😊 I remember seumuran dia pertama kalinya ke Jakarta naik kapal laut dari pelabuhan Belawan. … Continue reading Kita Mengingat Perbuatan Baik

Bapak Siahaan

Adik saya baru-baru ini bercerita tentang seorang guru di sekolah mereka. Ceritanya bener-bener inspiring makanya saya suka dan saya putuskan untuk menuliskannya di sini. Semoga menghibur. 🙂 Jadi, salah satu teman adik saya, sebut saja namanya Ratih, kakinya sakit selama beberapa minggu dan sudah berwarna ungu. Dari sisi medis -kata adik saya- jika luka sudah … Continue reading Bapak Siahaan

This Morning (part 2)

this morning langit gelap dan hujan turun setelah subuh. kepala saya sakit karena masih dalam pengaruh PMS premenopause. tapi saya harus bangun karena pekerjaan telah menanti. ketika sedang membersihkan toilet, hujan masih turun dan langit masih juga gelap. saya pernah baca info tentang musim dingin di Eropa bisa membuat orang depresi karena berbulan-bulan gelap tanpa … Continue reading This Morning (part 2)

This Morning

this morning ketika aku melihat piring-piring kotor belum dicuci, ruangan-ruangan belum diberesin, lalu mengingat mesti mondar-mandir sana-sini kerjain ini-itu.. aku merasa kewalahan dan merasa hidupku koq gini-gini aja hampir tiap hari melakukan rutinitas yang sama sampai-sampai aku udah amat jarang bisa baca buku dan amat jarang bisa menulis jurnal dengan proper. rasanya hidup kayak amburadul.. … Continue reading This Morning

Empat Puluh Hari Bersyukur

Sambil mencuci mobil di pekarangan, pagi itu saya sedang mendengar podcast tentang bersyukur. Emang bener ya, ketika kita baca buku atau dengerin orang bercerita tentang kehidupan mereka, pengetahuan dan pengalaman kita ikutan nambah, dan sudut pandang kita pun makin kaya. Jadi, podcasternya bercerita tentang bagaimana keluarganya dapat bertahan hari demi hari dengan uang yang sedikit … Continue reading Empat Puluh Hari Bersyukur

Momen Pengisi Kehidupan

Karena hidup diisi berbagai momen, bukan cuma momen megah atau monumental seperti: getting married, having first child, get a new house, get a new job, or utang cicilan selesai. Namun hidup juga terdiri dari momen-momen yang mungkin kelihatannya kecil, sederhana, biasa, sehari-hari. Dan justru momen-momen ini yang sebetulnya menyusun kehidupan kita dan bermakna dalam, dan … Continue reading Momen Pengisi Kehidupan

Ayub, Paradoks, dan Kehendak Bebas

Beberapa waktu yang lalu mestinya saya mengikuti satu webinar tentang Ayub. Tapi, karena kesibukan, dan kayaknya juga karena keangkuhan, sehingga saya pikir saya udah merasa tahu tentang kemana arah pembahasan.. “Oh, kalau tentang Ayub tentunya pembahasan di seputar penderitaan dan semua penderitaan pada akhirnya adalah untuk kemuliaan Allah dan kebaikan manusia..” Maka demi alasan tersebut, … Continue reading Ayub, Paradoks, dan Kehendak Bebas

Perubahan Pasca Pandemi

Pandemi dua tahun ini bener-bener a blessing in disguise for me. Begitu banyak hal-hal baik dan luar biasa terjadi pada kami di masa ini, dan banyak juga ujian yang datang. Tapi ya gak apa-apa. Susah dan senang memang selalu datang silih berganti. Semuanya untuk membentuk kami menjadi pribadi-pribadi yang semakin baik. Dan berkat pandemi, saya jadi makin … Continue reading Perubahan Pasca Pandemi

Perseverance

Pagi tadi aku berencana memasak untuk makan siang kami. Masak tahu dan telur gulai dengan sedikit santan. Tapi, di pagi jelang siang, aku makin merasa males. Badanku masih kurang enakan gara-gara padatnya aktifitas belakangan ini.  Sempat kepikiran mau pesen gofood aja. Tapi, setelah mempertimbangkan penghematan anggaran belanja, aku pun urung memesannya dan memutuskan, “Ya udahlah … Continue reading Perseverance